ALIRAN-ALIRAN
SUFI DI INDONESIA
MAKALAH
Diajukan
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
“ Akhlak Tasawuf “
Oleh :
FAISOL HUDA B74210076
NUR AINI B74210073
NAWA FILUL MUKAROMAH B74210072
JURUSAN MANAJEMEN DAKWAH
FAKULTAS DAKWAH
INSTITUT AGAMGA ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
SURABAYA
2010
KATA PENGANTAR
Pujian dan
kesyukuran hanya bagi Allah. Karena-Nyalah kami dapat menyelesaikan makalah
yang di bahas saat ini.
Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada Mohammad rofiq, Sag, M.Pd
selaku
dosen pembimbing mata kuliah bersangkutan.
Tiada daya dan upaya yang kami miliki, untuk itu
tentunya makalah ini tidak terlepas dari kesalahan, baik dalam redaksinya
maupun isi yang ada dalam pembahasan makalah ini. Kritik dan saran dari semua
pihak sangat kami harapkan untuk kesempurnaan makalah berikutnya.
Penyusun
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR............................................................................................. i
DAFTAR ISI........................................................................................................... ii
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................ iii
BAB I : PENDAHULUAN............................................................................ 1
1.1 LATAR BELAKANG................................................................. 1
2.2 RUMUSAN MASALAH............................................................. 2
A.WALISAGA ........................................................................... 2
B. GERAKAN KEBATINAN ................................................... 2
1.3 TUJUAN....................................................................................... 2
1.4 MANFAAT.................................................................................. 2
BAB II : PEMBAHASAN............................................................................... 3
A. WALISAGA................................................................................ 3
a) Arti Walisongo........................................................................ 3
b) Nama yang dikenal sebagai
anggota Walisongo..................... 4
c) Walisongo menurut periode waktu......................................... 7
d)
Tokoh Wali selain itu yang pernah
menjadi walisanga.......... 8
e)
Sumber tertulis
tentang Walisongo......................................... 9
f) Masih ada pendapat yang menyebut Walisongo
a.
Teori keturunan
Hadramaut........................................ 9
b. Teori keturunan Cina................................................. 10
B. GERAKAN KEBATINAN ...................................................... 11
1.
Sejarah budaya
Kebatinan................................................. 11
2.
Macam-Macam Gerakan
Kebatinan................................... 11
3.
Mistik Kebatinan................................................................ 13
4.
Gerakan Untuk Purifikasi Jiwa.......................................... 14
5.
Kebatinan
Yang Berdasarkan Ilmu Gaib........................... 14
BAB III : KESIMPULAN............................................................................... 15
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR
BELAKANG
Banyak orang memperbincangkan
mengenai kualitas ibadahnya kepada Allah. Karena tatacara kehidupan keseharian,
yang membuat ibadah menjadi kurang bermakna, kurang memiliki arti, dan lebih
kepada kewajiban belaka. Sehingga bukannya kebahagiaan yang mereka dapatkan
tetapi kehampaan dalam mengarungi hidup ini.
Ibadah kepada Allah, beribadah juga hanya
karena Allah. Mendekatlah kepada Allah, cintailah Allah, jadikanlah Allah
tujuan utama dalam kehidupan kita, sehingga rahmat Allah, berupa nikmat didunia
dan di-akhirat akan turun menghujani kita dengan derasnya.?
Seperti tertulis dalam surat
Al-Jin ayat 16:
وَأَلَّوِ اسْتَقَامُوا عَلَى الطَّرِيقَةِ مَاءً
غَدَقًا لأسْقَيْنَاهُمْ
Artinya: Dan bahwasanya: jika mereka tetap berjalan lurus di atas jalan itu (agama
Islam), benar-benar Kami akan memberi minum kepada mereka air yang segar
(rezeki yang banyak).
Ayat diatas adalah utamanya
dari Tasawuf. Suatu kegiatan bersifat spiritual yang selalu berusaha
mencari-cari jalan untuk memperoleh kecintaan dan kesempurnaan rohani hanya
untuk Allah.
Jadi bila mulanya kita
mengenal Ibadah yang berkaitan dengan syareat seperti rukun-rukun Islam atau
rukun Iman, rukun Sholat, batal dan tidaknya, perlu juga ditingkatkan sampai ke
hakekat, terus kita merenung akan kebesar Allah hingga akhirnya sampailah kita
kepada ma’rifat yaitu mengenal Allah hingga timbullah apa yang dinamakan ilmu
Tasawuf.
1.2 RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian
di atas, pokok permasalahan yang akan dipecahkan dalam
makalah ini adalah :
A.
WALISANGA
B.
GERAKAN
KEBATINAN
1.3 TUJUAN
Penulisan
makalah bertujuan untuk mengetahui evaluasi rumah tangga Tujuan utama yang akan
dicapai adalah :
a.
Untuk mengetahui
WALISANGA
b.
Untuk
mengetahui GERAKAN KEBATINAN yamg ada di Indonesia
1,4 MANFAAT
Dengan analisa yang
dilakukan dalam makalah ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut
:
a.
Mengetahui
pengertian WALISANGA secara benar
b.
Mengetahui GERAKAN
KEBATINAN yang ada di Indonesia
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pembahasan
A.
Walisongo
Masjid Agung Demak, diyakini sebagai salah satu tempat berkumpulnya para wali yang paling awal.
Walisongo atau Walisanga Mereka datang dari berbagai negeri dan dikenal
sebagai penyebar agama Islam di tanah Jawa pada abad ke 14. Mereka tinggal di
tiga wilayah penting pantai utara Pulau Jawa, yaitu Surabaya-Gresik-Lamongan di
Jawa Timur, Demak-Kudus-Muria di Jawa Tengah, dan Cirebon di Jawa Barat.
Era Walisongo adalah era berakhirnya dominasi Hindu-Budha dalam budaya Nusantara untuk digantikan dengan
kebudayaan Islam. Mereka adalah simbol penyebaran
Islam di Indonesia, khususnya di Jawa. Tentu banyak tokoh lain yang juga
berperan. Namun peranan mereka yang sangat besar dalam mendirikan Kerajaan
Islam di Jawa, juga pengaruhnya terhadap kebudayaan masyarakat secara luas
serta dakwah secara langsung, membuat para Walisongo ini lebih banyak disebut
dibanding yang lain.
a) Arti Walisongo
Walisanga
adalah nama suatu himpunan/ kesatuan muballigh yang bertugas menimpin penyiaran
agama islam di masyarakat luas.
Ada beberapa pendapat mengenai arti Walisongo. Pertama adalah wali yang sembilan, yang menandakan jumlah wali yang
ada sembilan, atau sanga dalam bahasa Jawa. Pendapat lain menyebutkan bahwa
kata songo/sanga berasal dari kata tsana yang dalam bahasa Arab berarti mulia. Pendapat
lainnya lagi menyebut kata sana berasal dari bahasa Jawa, yang berarti tempat.
Pendapat lain yang mengatakan bahwa Walisongo adalah sebuah majelis dakwah yang pertama kali didirikan
oleh Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim) pada tahun 1404 Masehi (808 Hijriah). Saat itu, majelis
dakwah Walisongo beranggotakan Maulana Malik Ibrahim sendiri, Maulana Ishaq (Sunan Wali Lanang), Maulana
Ahmad Jumadil Kubro (Sunan Kubrawi); Maulana Muhammad Al-Maghrabi (Sunan
Maghribi); Maulana Malik Isra'il (dari Champa), Maulana Muhammad Ali Akbar,
Maulana Hasanuddin, Maulana 'Aliyuddin, dan Syekh Subakir.
Para Walisongo adalah intelektual yang menjadi pembaharu masyarakat pada
masanya. Pengaruh mereka terasakan dalam beragam bentuk
manifestasi peradaban baru masyarakat Jawa, mulai dari kesehatan, bercocok-tanam, perniagaan, kebudayaan, kesenian, kemasyarakatan, hingga ke pemerintahan
Jai pada hakekatnya yang dimaksut walisaga itu bukan sembilan orang saja,
sebenarnya lebih dari itu, Cuma saja jumlah sembilan itu hanya suatu ketetapan suatu
organisasi yang didirikan.
Maka bilamana ada salah satu dewan wali itu meninggal dunia misal, akan
diganti dengan wali yang lain, sehingga jumlah dan namaya tetap walisanga
b) Nama yang dikenal sebagai anggota Walisongo, yaitu:
- Maulana Malik Ibrahim Sunan Gresik
Maulana Malik Ibrahim adalah keturunan ke-22 dari Nabi
Muhammad. Ia disebut juga Sunan Gresik, atau Sunan Tandhes, atau Mursyid Akbar
Thariqat Wali Songo. Nasab As-Sayyid
Maulana Malik Ibrahim Nasab Maulana Malik Ibrahim menurut catatan Dari
As-Sayyid Bahruddin Ba'alawi Al-Husaini yang kumpulan catatannya kemudian
dibukukan dalam Ensiklopedi Nasab Ahlul Bait yang terdiri dari beberapa volume
(jilid). Dalam Catatan itu tertulis: As-Sayyid Maulana Malik Ibrahim bin
As-Sayyid Barakat Zainal Alam bin As-Sayyid Husain Jamaluddin bin As-Sayyid
Ahmad Jalaluddin bin As-Sayyid Abdullah bin As-Sayyid Abdul Malik Azmatkhan bin
As-Sayyid Alwi Ammil Faqih bin As-Sayyid Muhammad Shahib Mirbath bin As-Sayyid
Ali Khali’ Qasam bin As-Sayyid Alwi bin As-Sayyid Muhammad bin As-Sayyid Alwi
bin As-Sayyid Ubaidillah bin Al-Imam Ahmad Al-Muhajir bin Al-Imam Isa bin
Al-Imam Muhammad bin Al-Imam Ali Al-Uraidhi bin Al-Imam Ja’far Shadiq bin
Al-Imam Muhammad Al-Baqir bin Al-Imam Ali Zainal Abidin bin Al-Imam Al-Husain
bin Sayyidah Fathimah Az-Zahra/Ali bin Abi Thalib, binti Nabi Muhammad
Rasulullah
Ia diperkirakan lahir di Samarkand di Asia Tengah, pada paruh awal abad ke-14. Babad Tanah Jawi versi Meinsma menyebutnya Asmarakandi, mengikuti
pengucapan lidah orang Jawa terhadap As-Samarqandy. Dalam cerita rakyat, ada
yang memanggilnya Kakek Bantal.
Isteri Maulana Malik Ibrahim
Maulana Malik Ibrahim memiliki, 3
isteri bernama: 1. Siti Fathimah binti Ali Nurul Alam Maulana Israil (Raja
Champa Dinasti Azmatkhan 1), memiliki 2 anak, bernama: Maulana Moqfaroh dan
Syarifah Sarah 2. Siti Maryam binti Syaikh Subakir, memiliki 4 anak, yaitu:
Abdullah, Ibrahim, Abdul Ghafur, dan Ahmad 3. Wan Jamilah binti Ibrahim
Zainuddin Al-Akbar Asmaraqandi, memiliki 2 anak yaitu: Abbas dan Yusuf.
Selanjutnya Sharifah Sarah binti Maulana Malik Ibrahim dinikahkan dengan Sayyid
Fadhal Ali Murtadha [Sunan Santri/ Raden Santri] dan melahirkan dua putera
yaitu Haji Utsman (Sunan Manyuran) dan Utsman Haji (Sunan Ngudung). Selanjutnya
Sayyid Utsman Haji (Sunan Ngudung) berputera Sayyid Ja’far Shadiq [Sunan
Kudus].
Maulana Malik Ibrahim umumnya dianggap
sebagai wali pertama yang mendakwahkan Islam di Jawa. Ia mengajarkan cara-cara
baru bercocok tanam dan banyak merangkul rakyat kebanyakan, yaitu golongan
masyarakat Jawa yang tersisihkan akhir kekuasaan Majapahit. Malik Ibrahim
berusaha menarik hati masyarakat, yang tengah dilanda krisis ekonomi dan perang
saudara. Ia membangun pondokan tempat belajar agama di Leran, Gresik. Pada
tahun 1419, Malik Ibrahim wafat. Makamnya
terdapat di desa Gapura Wetan, Gresik, Jawa Timur.
2. Sunan Ampel
Sunan Ampel bernama
asli Raden Rahmat, keturunan ke-22 dari Nabi Muhammad, menurut riwayat ia adalah putra Ibrahim Zainuddin Al-Akbar dan seorang putri Champa yang bernama Dewi Condro Wulan binti Raja Champa
Terakhir Dari Dinasti Ming. Nasab lengkapnya sebagai berikut: Sunan Ampel bin
Sayyid Ibrahim Zainuddin Al-Akbar bin Sayyid Jamaluddin Al-Husain bin Sayyid
Ahmad Jalaluddin bin Sayyid Abdullah bin Sayyid Abdul Malik Azmatkhan bin
Sayyid Alwi Ammil Faqih bin Sayyid Muhammad Shahib Mirbath bin Sayyid Ali
Khali’ Qasam bin Sayyid Alwi bin Sayyid Muhammad bin Sayyid Alwi bin Sayyid
Ubaidillah bin Sayyid Ahmad Al-Muhajir bin Sayyid Isa bin Sayyid Muhammad bin
Sayyid Ali Al-Uraidhi bin Imam Ja’far Shadiq bin Imam Muhammad Al-Baqir bin
Imam Ali Zainal Abidin bin Imam Al-Husain bin Sayyidah Fathimah Az-Zahra binti
Nabi Muhammad Rasulullah. Sunan Ampel umumnya dianggap sebagai sesepuh oleh para
wali lainnya. Pesantrennya
bertempat di Ampel Denta, Surabaya, dan merupakan salah satu
pusat penyebaran agama Islam tertua di Jawa. Ia menikah dengan Dewi Condrowati
yang bergelar Nyai Ageng Manila, putri adipati Tuban bernama Arya Teja dan
menikah juga dengan Dewi Karimah binti Ki Kembang Kuning. Pernikahan Sunan
Ampel dengan Dewi Condrowati alias Nyai Ageng Manila binti Aryo Tejo,
berputera: Sunan Bonang,Siti Syari’ah,Sunan Derajat,Sunan Sedayu,Siti
Muthmainnah dan Siti Hafsah. Pernikahan Sunan Ampel dengan Dewi Karimah binti
Ki Kembang Kuning, berputera: Dewi Murtasiyah,Asyiqah,Raden Husamuddin (Sunan
Lamongan,Raden Zainal Abidin (Sunan Demak),Pangeran Tumapel dan Raden Faqih
(Sunan Ampel 2. Makam Sunan Ampel
teletak di dekat Masjid Ampel, Surabaya.
3. Sunan Bonang
Sunan
Bonang adalah putra Sunan Ampel, dan merupakan keturunan ke-23 dari Nabi Muhammad. Ia adalah putra Sunan Ampel
dengan Nyai Ageng Manila, putri adipati Tuban bernama Arya Teja. Sunan Bonang
banyak berdakwah melalui kesenian untuk menarik penduduk Jawa agar memeluk
agama Islam. Ia dikatakan sebagai penggubah suluk Wijil dan tembang Tombo
Ati, yang masih sering dinyanyikan orang. Pembaharuannya pada gamelan Jawa ialah dengan memasukkan rebab dan bonang, yang sering dihubungkan dengan namanya. Universitas Leiden menyimpan sebuah karya sastra bahasa Jawa bernama Het
Boek van Bonang atau Buku Bonang. Menurut G.W.J. Drewes, itu bukan
karya Sunan Bonang namun mungkin saja mengandung ajarannya. Sunan Bonang diperkirakan wafat pada tahun 1525.
4. Sunan Drajat
Sunan
Drajat adalah putra Sunan Ampel, dan merupakan keturunan ke-23 dari Nabi Muhammad. Ia adalah putra Sunan Ampel
dengan Nyai Ageng Manila, putri adipati Tuban bernama Arya Teja. Sunan Drajat
banyak berdakwah kepada masyarakat kebanyakan. Ia menekankan kedermawanan,
kerja keras, dan peningkatan kemakmuran masyarakat, sebagai pengamalan dari
agama Islam. Pesantren Sunan Drajat dijalankan secara mandiri sebagai wilayah
perdikan, bertempat di Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Lamongan. Tembang macapat Pangkur
disebutkan sebagai ciptaannya. Gamelan Singomengkok peninggalannya terdapat di
Musium Daerah Sunan Drajat, Lamongan. Sunan Drajat diperkirakan wafat wafat pada 1522.
5. Sunan Kudus
Sunan Kudus adalah
putra Sunan Ngudung atau Raden Usman Haji, dengan
Syarifah Ruhil atau Dewi Ruhil yang bergelar Nyai Anom Manyuran binti Nyai
Ageng Melaka binti Sunan Ampel. Sunan Kudus adalah keturunan ke-24 dari Nabi Muhammad. Sunan Kudus bin Sunan Ngudung bin
Fadhal Ali Murtadha bin Ibrahim Zainuddin Al-Akbar bin Jamaluddin Al-Husain bin
Ahmad Jalaluddin bin Abdillah bin Abdul Malik Azmatkhan bin Alwi Ammil Faqih
bin Muhammad Shahib Mirbath bin Ali Khali’ Qasam bin Alwi bin Muhammad bin Alwi
bin Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa bin Muhammad bin Ali Al-Uraidhi bin
Ja’far Shadiq bin Muhammad Al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Al-Husain bin
Sayyidah Fathimah Az-Zahra binti Nabi Muhammad Rasulullah. Sebagai seorang
wali, Sunan Kudus memiliki peran yang besar dalam pemerintahan Kesultanan Demak, yaitu sebagai panglima perang,
penasehat Sultan Demak, Mursyid Thariqah dan hakim peradilan negara. Ia banyak berdakwah di
kalangan kaum penguasa dan priyayi Jawa. Di antara yang pernah menjadi
muridnya, ialah Sunan Prawoto penguasa Demak, dan Arya Penangsang adipati Jipang Panolan. Salah
satu peninggalannya yang terkenal ialah Mesjid Menara Kudus, yang arsitekturnya
bergaya campuran Hindu dan Islam. Sunan
Kudus diperkirakan wafat pada tahun 1550.
6. Sunan Giri
Sunan
Giri
adalah putra Maulana Ishaq. Sunan Giri adalah keturunan
ke-23 dari Nabi Muhammad, merupakan murid dari Sunan
Ampel dan saudara seperguruan dari Sunan Bonang. Ia mendirikan pemerintahan
mandiri di Giri Kedaton, Gresik; yang selanjutnya berperan
sebagai pusat dakwah Islam di wilayah Jawa dan Indonesia timur, bahkan sampai
ke kepulauan Maluku. Salah satu keturunannya yang terkenal ialah Sunan Giri
Prapen, yang menyebarkan agama Islam ke wilayah Lombok dan Bima.
7. Sunan Kalijaga
Sunan Kalijaga
adalah putra adipati Tuban yang bernama Tumenggung Wilatikta atau Raden Sahur
atau Sayyid Ahmad bin Mansur (Syekh Subakir). Ia adalah murid Sunan Bonang.
Sunan Kalijaga menggunakan kesenian dan kebudayaan sebagai sarana untuk
berdakwah, antara lain kesenian wayang kulit dan tembang suluk.
Tembang suluk Ilir-Ilir dan Gundul-Gundul Pacul umumnya dianggap
sebagai hasil karyanya. Dalam satu riwayat, Sunan Kalijaga disebutkan menikah
dengan Dewi Saroh binti Maulana Ishaq,
menikahi juga Syarifah Zainab binti Syekh Siti Jenar dan Ratu Kano Kediri binti
Raja Kediri.
8. Sunan Muria
Sunan
Muria
atau Raden Umar Said adalah putra Sunan Kalijaga. Ia adalah putra dari Sunan
Kalijaga dari isterinya yang bernama Dewi Sarah binti Maulana Ishaq. Sunan
Muria menikah dengan Dewi Sujinah, putri Sunan Ngudung. Jadi Sunan Muria adalah
adik ipar dari Sunan Kudus.
9. Sunan Gunung Jati
Sunan Gunung Jati
atau Syarif Hidayatullah adalah putra Syarif Abdullah Umdatuddin putra Ali
Nurul Alam putra Syekh Husain Jamaluddin Akbar. Dari pihak ibu, ia masih
keturunan keraton Pajajaran
melalui Nyai Rara Santang, yaitu anak dari Sri Baduga Maharaja.
Sunan Gunung Jati mengembangkan Cirebon
sebagai pusat dakwah dan pemerintahannya, yang sesudahnya kemudian menjadi Kesultanan Cirebon.
Anaknya yang bernama Maulana
Hasanuddin, juga berhasil mengembangkan kekuasaan dan menyebarkan
agama Islam di Banten, sehingga kemudian menjadi cikal-bakal berdirinya Kesultanan Banten.
c) Walisongo menurut periode waktu
Menurut buku Haul Sunan Ampel Ke-555 yang ditulis oleh KH. Mohammad Dahlan,
majelis dakwah yang secara umum dinamakan Walisongo, sebenarnya terdiri dari
beberapa angkatan. Para Walisongo tidak hidup pada saat yang persis bersamaan,
namun satu sama lain mempunyai keterkaitan erat, baik dalam ikatan darah atau
karena pernikahan, maupun dalam hubungan guru-murid. Bila ada seorang anggota
majelis yang wafat, maka posisinya digantikan oleh tokoh lainnya:
- Angkatan ke-1 (1404 – 1435 M), terdiri dari Maulana Malik Ibrahim (wafat 1419), Maulana Ishaq, Maulana Ahmad Jumadil Kubro, Maulana Muhammad Al-Maghrabi, Maulana Malik Isra'il (wafat 1435), Maulana Muhammad Ali Akbar (wafat 1435), Maulana Hasanuddin, Maulana 'Aliyuddin, dan Syekh Subakir atau juga disebut Syaikh Muhammad Al-Baqir.
- Angkatan ke-2 (1435 - 1463 M), terdiri dari Sunan Ampel yang tahun 1419 menggantikan Maulana Malik Ibrahim, Maulana Ishaq (wafat 1463), Maulana Ahmad Jumadil Kubro, Maulana Muhammad Al-Maghrabi, Sunan Kudus yang tahun 1435 menggantikan Maulana Malik Isra’il, Sunan Gunung Jati yang tahun 1435 menggantikan Maulana Muhammad Ali Akbar, Maulana Hasanuddin (wafat 1462), Maulana 'Aliyuddin (wafat 1462), dan Syekh Subakir (wafat 1463).
- Angkatan ke-3 (1463 - 1466 M), terdiri dari Sunan Ampel, Sunan Giri yang tahun 1463 menggantikan Maulana Ishaq, Maulana Ahmad Jumadil Kubro (wafat 1465), Maulana Muhammad Al-Maghrabi (wafat 1465), Sunan Kudus, Sunan Gunung Jati, Sunan Bonang yang tahun 1462 menggantikan Maulana Hasanuddin, Sunan Derajat yang tahun 1462 menggantikan Maulana ‘Aliyyuddin, dan Sunan Kalijaga yang tahun 1463 menggantikan Syaikh Subakir.
- Angkatan ke-4 (1466 - 1513 M, terdiri dari Sunan Ampel (wafat 1481), Sunan Giri (wafat 1505), Raden Fattah yang pada tahun 1465 mengganti Maulana Ahmad Jumadil Kubra, Fathullah Khan (Falatehan) yang pada tahun 1465 mengganti Maulana Muhammad Al-Maghrabi, Sunan Kudus, Sunan Gunung Jati, Sunan Bonang, Sunan Derajat, dan Sunan Kalijaga (wafat 1513).
- Angkatan ke-5 (1513 - 1533 M), terdiri dari Syekh Siti Jenar yang tahun 1481 menggantikan Sunan Ampel (wafat 1517), Raden Faqih Sunan Ampel II yang ahun 1505 menggantikan kakak iparnya Sunan Giri, Raden Fattah (wafat 1518), Fathullah Khan (Falatehan), Sunan Kudus (wafat 1550), Sunan Gunung Jati, Sunan Bonang (wafat 1525), Sunan Derajat (wafat 1533), dan Sunan Muria yang tahun 1513 menggantikan ayahnya Sunan Kalijaga.
- Angkatan ke-6 (1533 - 1546 M), terdiri dari Syekh Abdul Qahhar (Sunan Sedayu) yang ahun 1517 menggantikan ayahnya Syekh Siti Jenar, Raden Zainal Abidin Sunan Demak yang tahun 1540 menggantikan kakaknya Raden Faqih Sunan Ampel II, Sultan Trenggana yang tahun 1518 menggantikan ayahnya yaitu Raden Fattah, Fathullah Khan (wafat 1573), Sayyid Amir Hasan yang tahun 1550 menggantikan ayahnya Sunan Kudus, Sunan Gunung Jati (wafat 1569), Raden Husamuddin Sunan Lamongan yang tahun 1525 menggantikan kakaknya Sunan Bonang, Sunan Pakuan yang tahun 1533 menggantikan ayahnya Sunan Derajat, dan Sunan Muria (wafat 1551).
- Angkatan ke-7 (1546- 1591 M), terdiri dari Syaikh Abdul Qahhar (wafat 1599), Sunan Prapen yang tahun 1570 menggantikan Raden Zainal Abidin Sunan Demak, Sunan Prawoto yang tahun 1546 menggantikan ayahnya Sultan Trenggana, Maulana Yusuf cucu Sunan Gunung Jati yang pada tahun 1573 menggantikan pamannya Fathullah Khan, Sayyid Amir Hasan, Maulana Hasanuddin yang pada tahun 1569 menggantikan ayahnya Sunan Gunung Jati, Sunan Mojoagung yang tahun 1570 menggantikan Sunan Lamongan, Sunan Cendana yang tahun 1570 menggantikan kakeknya Sunan Pakuan, dan Sayyid Shaleh (Panembahan Pekaos) anak Sayyid Amir Hasan yang tahun 1551 menggantikan kakek dari pihak ibunya yaitu Sunan Muria.
- Angkatan ke-8 (1592- 1650 M), terdiri dari Syaikh Abdul Qadir (Sunan Magelang) yang menggantikan Sunan Sedayu (wafat 1599), Baba Daud Ar-Rumi Al-Jawi yang tahun 1650 menggantikan gurunya Sunan Prapen, Sultan Hadiwijaya (Joko Tingkir) yang tahun 1549 menggantikan Sultan Prawoto, Maulana Yusuf, Sayyid Amir Hasan, Maulana Hasanuddin, Syekh Syamsuddin Abdullah Al-Sumatrani yang tahun 1650 menggantikan Sunan Mojoagung, Syekh Abdul Ghafur bin Abbas Al-Manduri yang tahun 1650 menggantikan Sunan Cendana, dan Sayyid Shaleh (Panembahan Pekaos).
d) Tokoh Para Wali selain itu yang pernah menjadi anggota dewan walisanga.
1. Syeikh maulana ishaq, seorang syekh dari samarqandiyang akhirnya beliau pindah ke pasai danwafat di sana
2. Syeikh Jumadil Qubro, Syekh Jumadil Qubro adalah Maulana Ahmad Jumadil Kubra bin Husain Jamaluddin bin Ahmad Jalaluddin bin Abdillah bin Abdul Malik Azmatkhan bin Alwi Ammil Faqih bin Muhammad Shahib Mirbath bin Ali Khali’ Qasam bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa bin Muhammad bin Ali Al-Uraidhi bin Ja’far Shadiq bin Muhammad Al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Al-Husain bin Sayyidah Fathimah Az-Zahra binti Nabi Muhammad Rasulullah Syekh Jumadil Qubro adalah putra Husain Jamaluddin dari isterinya yang bernama Puteri Selindung Bulan (Putri Saadong II/ Putri Kelantan Tua). Tokoh ini sering disebutkan dalam berbagai babad dan cerita rakyat sebagai salah seorang pelopor penyebaran Islam di tanah Jawa.
Makamnya
terdapat di beberapa tempat yaitu di Semarang,
Trowulan (mojokerto), atau di desa Turgo (dekat Pelawangan), Yogyakarta.
Belum diketahui yang mana yang betul-betul merupakan kuburnya.
3. Syeikh muhammad Al-Maqhribi dari maroko makamnya di jatianom. Klaten jawa tengah.
4. Syeikh malik israil dari turki, makamnya di Gununga Santri, Cilegon jawa Barat.
5. Syeikh Muhammad Ali Akbar dari Persia, makamnya di Gununga Santri
6. Syeikh subakir dari persia, setelah menindahkan Jin-Jin jahat kelaut selatan, beliau kembali ke persia
e) Sumber tertulis tentang Walisongo
- Terdapat beberapa sumber tertulis masyarakat Jawa tentang Walisongo, antara lain Serat Walisanga karya Ranggawarsita pada abad ke-19, Kitab Walisongo karya Sunan Dalem (Sunan Giri II) yang merupakan anak dari Sunan Giri, dan juga diceritakan cukup banyak dalam Babad Tanah Jawi.
- Mantan Mufti Johor Sayyid `Alwî b. Tâhir b. `Abdallâh al-Haddâd (meninggal tahun 1962) juga meninggalkan tulisan yang berjudul Sejarah perkembangan Islam di Timur Jauh (Jakarta: Al-Maktab ad-Daimi, 1957). Ia menukil keterangan diantaranya dari Haji `Ali bin Khairuddin, dalam karyanya Ketrangan kedatangan bungsu (sic!) Arab ke tanah Jawi sangking Hadramaut.
- Dalam penulisan sejarah para keturunan Bani Alawi seperti al-Jawahir al-Saniyyah oleh Sayyid Ali bin Abu Bakar Sakran, 'Umdat al-Talib oleh al-Dawudi, dan Syams al-Zahirah oleh Sayyid Abdul Rahman Al-Masyhur; juga terdapat pembahasan mengenai leluhur Sunan Gunung Jati, Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Kudus, Sunan Bonang dan Sunan Gresik.
f) Masih ada pendapat yang menyebut Walisongo;
a. Teori keturunan Hadramaut
Walaupun masih ada pendapat yang menyebut Walisongo adalah
keturunan Samarkand (Asia Tengah), Champa atau tempat lainnya, namun tampaknya
tempat-tampat tersebut lebih merupakan jalur penyebaran para mubaligh daripada
merupakan asal-muasal mereka yang sebagian besar adalah kaum Sayyid atau Syarif. Beberapa argumentasi
yang diberikan oleh Muhammad Al Baqir, dalam bukunya Thariqah Menuju
Kebahagiaan, mendukung bahwa Walisongo adalah keturunan Hadramaut (Yaman):
- L.W.C van den Berg, Islamolog dan ahli hukum Belanda yang mengadakan riset pada 1884-1886, dalam bukunya Le Hadhramout et les colonies arabes dans l'archipel Indien (1886)[5] mengatakan:
”Adapun hasil nyata dalam penyiaran
agama Islam (ke Indonesia) adalah dari orang-orang Sayyid Syarif. Dengan
perantaraan mereka agama Islam tersiar di antara raja-raja Hindu di Jawa dan
lainnya. Selain dari mereka ini, walaupun ada juga suku-suku lain Hadramaut
(yang bukan golongan Sayyid Syarif), tetapi mereka ini tidak meninggalkan
pengaruh sebesar itu. Hal ini disebabkan mereka (kaum Sayyid Syarif) adalah
keturunan dari tokoh pembawa Islam (Nabi Muhammad SAW).”
- van den Berg juga menulis dalam buku yang sama (hal 192-204):
”Pada abad ke-15, di Jawa sudah
terdapat penduduk bangsa Arab atau keturunannya, yaitu sesudah masa kerajaan
Majapahit yang kuat itu. Orang-orang Arab bercampul-gaul dengan penduduk, dan
sebagian mereka mempuyai jabatan-jabatan tinggi. Mereka terikat dengan
pergaulan dan kekeluargaan tingkat atasan. Rupanya pembesar-pembesar Hindu di
kepulauan Hindia telah terpengaruh oleh sifat-sifat keahlian Arab, oleh karena
sebagian besar mereka berketurunan pendiri Islam (Nabi Muhammad SAW).
Orang-orang Arab Hadramawt (Hadramaut) membawa kepada orang-orang Hindu
pikiran baru yang diteruskan oleh peranakan-peranakan Arab, mengikuti jejak
nenek moyangnya."
Pernyataan van den Berg spesifik
menyebut abad ke-15, yang merupakan abad spesifik kedatangan atau kelahiran
sebagian besar Walisongo di pulau Jawa. Abad ke-15 ini jauh lebih awal dari
abad ke-18 yang merupakan saat kedatangan gelombang berikutnya, yaitu kaum Hadramaut yang bermarga Assegaf, Al
Habsyi, Al Hadad, Alaydrus, Alatas, Al Jufri, Syihab, Syahab dan banyak marga
Hadramaut lainnya.
- Hingga saat ini umat Islam di Hadramaut sebagian besar bermadzhab Syafi’i, sama seperti mayoritas di Srilangka, pesisir India Barat (Gujarat dan Malabar), Malaysia dan Indonesia. Bandingkan dengan umat Islam di Uzbekistan dan seluruh Asia Tengah, Pakistan dan India pedalaman (non-pesisir) yang sebagian besar bermadzhab Hanafi.
- Kesamaan dalam pengamalan madzhab Syafi'i bercorak tasawuf dan mengutamakan Ahlul Bait; seperti mengadakan Maulid, membaca Diba & Barzanji, beragam Shalawat Nabi, doa Nur Nubuwwah dan banyak amalan lainnya hanya terdapat di Hadramaut, Mesir, Gujarat, Malabar, Srilangka, Sulu & Mindanao, Malaysia dan Indonesia. Kitab fiqh Syafi’i Fathul Muin yang populer di Indonesia dikarang oleh Zainuddin Al Malabary dari Malabar, isinya memasukkan pendapat-pendapat baik kaum Fuqaha maupun kaum Sufi. Hal tersebut mengindikasikan kesamaan sumber yaitu Hadramaut, karena Hadramaut adalah sumber pertama dalam sejarah Islam yang menggabungkan fiqh Syafi'i dengan pengamalan tasawuf dan pengutamaan Ahlul Bait.
- Di abad ke-15, raja-raja Jawa yang berkerabat dengan Walisongo seperti Raden Patah dan Pati Unus sama-sama menggunakan gelar Alam Akbar. Gelar tersebut juga merupakan gelar yang sering dikenakan oleh keluarga besar Jamaluddin Akbar di Gujarat pada abad ke-14, yaitu cucu keluarga besar Azhamat Khan (atau Abdullah Khan) bin Abdul Malik bin Alwi, seorang anak dari Muhammad Shahib Mirbath ulama besar Hadramaut abad ke-13. Keluarga besar ini terkenal sebagai mubaligh musafir yang berdakwah jauh hingga pelosok Asia Tenggara, dan mempunyai putra-putra dan cucu-cucu yang banyak menggunakan nama Akbar, seperti Zainal Akbar, Ibrahim Akbar, Ali Akbar, Nuralam Akbar dan banyak lainnya.
b. Teori keturunan Cina
Sejarawan Slamet Muljana mengundang kontroversi dalam buku Runtuhnya Kerajaan Hindu Jawa (1968), dengan menyatakan bahwa Walisongo adalah keturunan Tionghoa Indonesia. Pendapat tersebut mengundang reaksi keras masyarakat yang berpendapat bahwa Walisongo adalah keturunan Arab-Indonesia. Pemerintah Orde Baru sempat melarang terbitnya buku tersebut.
Referensi-referensi
yang menyatakan dugaan bahwa Walisongo berasal dari atau keturunan Tionghoa
sampai saat ini masih merupakan hal yang kontroversial. Referensi yang dimaksud
hanya dapat diuji melalui sumber akademik yang berasal dari Slamet Muljana,
yang merujuk kepada tulisan Mangaraja Onggang Parlindungan, yang kemudian
merujuk kepada seseorang yang bernama Resident Poortman. Namun, Resident Poortman hingga sekarang belum bisa
diketahui identitasnya serta kredibilitasnya sebagai sejarawan, misalnya bila
dibandingkan dengan Snouck Hurgronje dan L.W.C. van den Berg. Sejarawan Belanda masa kini
yang banyak mengkaji sejarah Islam di Indonesia yaitu Martin van Bruinessen, bahkan tak pernah sekalipun menyebut nama Poortman
dalam buku-bukunya yang diakui sangat detail dan banyak dijadikan referensi.
Salah satu
ulasan atas tulisan H.J. de Graaf, Th.G.Th. Pigeaud, M.C. Ricklefs berjudul Chinese
Muslims in Java in the 15th and 16th Centuries adalah yang ditulis oleh
Russell Jones. Di sana,
ia meragukan pula tentang keberadaan seorang Poortman. Bila orang itu ada dan bukan bernama
lain, seharusnya dapat dengan mudah dibuktikan mengingat ceritanya yang cukup
lengkap dalam tulisan Parlindungan
B.
GERAKAN KEBATINAN
Di dalam serat Wulang Reh, karya
“kasusastran” Jawa (dalam bentuk syair) yang ditulis oleh Sunan Paku Buono IV,
terdapat juga ajaran untuk hidup secara asketik, dengan mana usaha menuju
kasampurnaning urip (kesempurnaan hidup) dan mendekat Yang Maha Widi (Allah
Yang Maha Kuasa) bisa dicapai.
Dalam tembang Kinanthi ajaran itu bertutur
:
Pada gulangen ing kalbu ing sasmita
amrih lantip aja pijer mangan nendra kaprawiran den kaesti pesunen sarira nira
sudanen dhahar lan guling
(Intinya, orang harus melatih kepekaan
hati agar tajam menangkap gejala dan tanda-tanda. Orang pun tak boleh mengumbar
nafsu makan serta tidur).
1. Sejarah budaya Kebatinan
Pada tanggal 19 dan 20 Agustus 1955 di Semarang telah diadakan kongres dari berpuluh-puluh budaya kebatinan yang ada di berbagai daerah di jawa dengan tujuan untuk mempersatukan semua organisasi yang ada pada waktu itu. Kongres berikutnya yang diadakan pada tanggal 7 Agustus tahun berikutnya di Surakarta sebagai lanjutannya, dihadiri oleh lebih dari 2.000 peserta yang mewakili 100 organisasi. Pertemuan-pertemuan itu berhasil mendirikan suatu organisasi bernama Badan Kongres Kebatinan Indonesia (BKKI) (Badan 1956), yang kemudian juga menyelenggarakan dua kongres serta seminar mengenai masalah kebatinan dalam tahun 1959, 1961 dan 1962 (Pakan 1978:98).
Kebanyakan budaya kebatinan di Jawa awalnya merupakan budaya lokal saja
dengan anggota yang terbatas jumlahnya, yakni tidak lebih dari 200 orang namun
ada yang beranggotakan lebih dari 1000. Budaya seperti itu secara
resmi merupakan “aliran kecil”, seperti Penunggalan, perukunan kawula manembah
gusti, jiwa ayu dan pancasila handayaningratan dari Surakarta; ilmu kebatinan
kasunyatan dari yogyakarta; ilmu sejati dari madiun; dan trimurti naluri
majapahit dari mojokerto dan lain-lain.
2. Macam-Macam Gerakan Kebatinan
a. Hardapusara adalah yang tertua diantara kelima
gerakan yang terbesar itu, yang dalam tahun 1895 didirikan oleh Kyai Kusumawicitra, seorang petani desa
kemanukan dekat purworejo. Ia konon menamatkan ilmu dari menerima wangsit dan
ajaran-ajarannya semula disebut kawruh
kasunyatan gaib. Para pengikutnya mula-mula adalah seorang priyayi
dari Purworejo dan beberapa kota lain di daerah bagelan. organisasi ini
dahulu pernah berkembang dan mempunyai cabang-cabangnya di berbagai kota
di Jawa Tengah, Jawa timur, dan juga Jakarta. Jumlah anggotanya konon sudah
mencapai beberapa ribu orang. Ajaran-ajarannya termaktub dalam dua buah buku
yang oleh para pengikutnya sudah hampir dianggap keramat, yaitu Buku Kawula Gusti dan Wigati.
b.
Susila budi (SUBUD) didirikan pada tahun 1925 di
semarang, pusatnya sekarang berada di Jakarta. Budaya ini tidak mau disebut
budaya kebatinan, melainkan menamakan dirinya “Pusat Latihan Kejiwaan”.
Anggota-anggotanya yang berjumlah beberapa ribu itu tersebar di berbagai kota
diseluruh Indonesia dan mempunyai sebanyak 87 cabang di luar negeri. Banyak
dari para pengikutnya adalah orang Asia, Eropa, Australia dan Amerika. Doktrin
ajaran organisasi itu dimuat dalam buku
berjudul susila budhi dharma; selain itu gerakan itu juga
menerbitkan majalah berkala berjudul Pewarta
Kejiwaan Subud.
Menurut Subud, ada dua macam teori latihan
kejiwaan, yaitu:
1 Nganggo patrap nyawi jekake cipta atau pemusatan pikiran. Teori ini sering dipraktikkan dalam ajaran
tasawuf. Seperti Al Ghazali.
2.Nganggo patrap nyuwungake cipta, yaitu
mengosongkan pikiran dan angan-angan.
c. Pagguyuban ngesti tunggal, atau lebih terkenal dengan nama Pangestu adalah sebuah budaya
kebatinan lain yang luas jangkauannya. Gerakan ini didirikan oleh Soenarto, yang di antara tahun 1932 dan
1933 menerima wangsit yang oleh kedua orang pengikutnya dicatat dan kemudian
diterbitkan menjadi buku sasangka djati.
d. Pangestu didirikan di surakarta pada bulan mei
1949, dan anggota-anggotanya yang kini sudah berjumlah 50.000 orang tersebar di
banyak kota di Jawa, terutama berasal dari kalangan priyayi. Namun anggota yang
berasal dari daerah pedesaan juga banyak yaitu yang tinggal di pemukiman
transmigrasi di sumatera dan kalimantan. Majalah yang dikeluarkan organisasi
itu dwijawara merupakan tali
pengikat bagi para anggotanya yang tersebar itu.
e. Paguyuban sumarah juga merupakan organisasi besar yang
dimulai sebagai suatu gerakan kecil, dengan pemimpinnya bernama R. Ng. Sukirno Hartono dari Yogyakarta.
Ia mengaku menerima wahyu pada tahun 1935. Pada akhir tahun 1940-an gerakan itu
mulai mundur, namun berkembang kembali tahun 1950 di Yogyakarta. Jumlah
anggotanya kini sudah mencapai 115.000 orang baik yang berasal dari golongan
priyayi maupun dari kelas-kelas masyarakat lain.
f. Sapta darma adalah yang termuda dari kelima
gerakan kebatinan yang terbesar di jawa yang didirikan tahun 1955 oleh guru
agama bernama Hardjosaputro
yang kemudian mengganti namanya menjadi Panuntun Sri Gutomo. Beliau berasal
dari desa keplakan dekat pare. Berbeda dengan keempat organisasi yang lain,
sapta darma beranggotakan orang-orang dari daerah pedesaan dan orang-orang
pekerja kasar yang tinggal di kota-kota. Walaupun demikian para pemimpinnya
hampir semua priyayi. Buku yang berisi ajarannya adalah kitab pewarah sapta darma.
Walaupun
budaya kebatinan ada di seluruh daerah di jawa, namun Surakarta sebagai pusat
kebudayaan jawa agaknya masih merupakan tempat dimana terdapat paling banyak
organisasi kebatinan yang terpenting. Dalam tahun 1970 ada 13 organisasi
kebatinan di sana; lima diantaranya dengan anggota sebanyak antara 30-70 orang,
tetapi ada satu yang anggotanya sekitar 500 orang dalam tahun 1970. Sepuluh
lainnya adalah organisasi-organisasi yang besar, yang berpusat dikota-kota lain
seperti Jakarta, Yogyakarta, Madiun, Kediri dan sebagainya (jong 1973: 10-12).
S. de jong yang mempelajari budaya kebatinan jawa di jawa tengah,
melaporkan bahwa dalam propinsi jawa tengah saja tercatat sebanyak 286
organisasi kebatinan dalam tahun 1870, dengan kemungkinan bahwa masih ada
organisasi-organisasi kecil lainnya yang tidak terdaftar di sana.
Pengikut-pengikut terkemuka dari budaya kebatinan, yang diantaranya ada
yang berlatar belakang pendidikan psikologi, biasanya menjelaskan bahwa
timbulnya berbagai budaya itu disebabkan karena sebagian besar orang jawa butuh
mencari hakekat alam semesta, intisari kehidupan dan hakekat Tuhan. Ahli
sosiolagi Selosoemardjan berpendirian bahwa orang jawa pada umumnya cenderung
untuk mencari keselarasan dengan lingkungan dan hati nuraninya, yang sering
dilakukannya dengan cara-cara metafisik.
3. Mistik Kebatinan
Menurut pandangan ilmu mistik kebatinan orang jawa, kehidupan manusia
merupakan bagian dari alam semesta secara keseluruhan, dan hanya merupakan
bagian yang sangat kecil dari kehidupan alam semesta yang abadi, dimana manusia
itu seakan-akan hanya berhenti sebentar untuk minum.
Sikap. Gaya hidup, dan banyak aktivitas sebagai latihan upacara yang harus
diterima dan dilakukan oleh seorang, yang ingin menganut mistik dibawah
pimpinan guru dan panuntun agama itu, pada dasarnya sama pada berbagai gerakan
kebatinan jawa yang ada. Hal yang mutlak perlu adalah kemampuan untuk
melepaskan diri dari dunia kebendaan, yaitu memiliki sifat rila (rela) untuk
melepaskan segala hak milik, pikiran atau perasaan untuk memiliki, serta
keinginan untuk memiliki.. melalui sikap rohaniah ini orang dapat membebaskan
diri dari berbagai kekuatan serta pengaruh dunia kebendaan di sekitarnya. Sikap
menyerah serta mutlak ini tidak boleh dianggap sebagai tanda sifat lemahnya
seseorang; sebaliknya ia menandakan bahwa orang seperti itu memiliki kekuatan
batin dan keteguhan iman.
Kemampuan untuk membebaskan diri dari dunia kebendaan dan kehidupan duniawi
juga melibatkan sikap narima yaitu sikap menerima nasib, dan sikap
bersabar, yang berarti sikap menerima nasib dengan rela. Kemampuan untuk
memiliki sikap-sikap semacam itu dapat diperoleh dengan hidup sederhana dalam
arti yang sesungguhnya, hidup bersih, tetapi juga dengan jalan melakukan
berbagai kegiatan upacara kegiatan upacara yang meningkatkan kemampuan
berkonsentrasi dengan jalan mengendalikan diri, dan melakukan berbagai latihan
samadi. Melalui latihan bersemedi di harapkan agar orang dapat membebaskan
dirinya dari keadaan sekitarnya, yaitu menghentikan segala fungsi tubuh dan
keinginan serta nafsu jasmaninya.
Hal ini dapat memberikan keheningan pikiran dan membuatnya mengerti dan
menghayati hakekat hidup serta keselarasan antara kehidupan rohaniah dan
jasmaniah. Apabila orang sudah bebas dari beban kehidupan duniawi (pamudharan),
maka orang itu setelah melalui beberapa tahap berikutnya, pada suatu saat akan
dapat bersatu dengan Tuhan ( jumbuhing kawula Gusti, atau manunggaling
kawula-Gusti ) /Pendekatan kepada Illahi.
Namun dengan tercapainya pamudharan, yang memungkinkan orang untuk
melepaskan diri dari kehidupan dunia kebendaan, orang itu juga tidak terbebas
dari kewajiban-kewajibannya dalam kehidupan yang konkret; bahkan, orang yang
sudah mencapai pamudharan, wajib amemayu ayuning bawana, atau berupaya
memperindah dunia, yaitu berusaha memelihara dan memperindah dengan jalan
melakukan hal-hal yang baik, dan hidup dengan penuh tanggung jawab.
4. Gerakan Untuk Purifikasi Jiwa
Semua organisasi kebatinan yang besar umumnya, memang bersifat
mistis; banyak gerakan kebatinan, terutama yang jumlah anggotanya sedikit,
hanya berusaha untuk mencapai purifikasi jiwa, Hal yang mereka inginkan
adalah memperoleh suatu kehidupan kerohanian yang mantap, tanpa rasa takut dan
rasa ketidak-pastian. Inilah yang oleh orang jawa disebut orang yang sudah
“bebas” (kamanungsan, kasunyatan).
Cara untuk kamanungsan pada umumnya sama dengan cara untuk mencapai
pamudharan tersebut diatas. Kecuali beberapa variasi kecil, maka cara untuk
mencapai purifikasi jiwa pada dasarnya adalah dengan menjalankan kehidupan yang
penuh tanggung jawab, baik secara moral, sederhana, mampu membebaskan diri dari
keduniawian, mempunyai sikap yang baik terhadap kehidupan, nasib dan kematian
dan melakukan samadi secara ketat. Oleh karena gerakan-gerakan kebatinan ini
berusaha mencari kebebasan rohaniah individu, maka orang mudah mengerti bahwa
sifatnya agak individualis; gerakan-gerakan seperti itu paling tidak menarik
bagi orang-orang yang membutuhkan kehidupan keagamaan, tanpa harus menaati
peraturan-peraturan keagamaan yang resmi secara ketat, namun menyesuaikan
dengan adat istiadat (Said 1972-a: 153-154)
5. Kebatinan Yang Berdasarkan Ilmu Gaib
Di seluruh
daerah tempat tinggal orang jawa banyak terdapat gerakan-gerakan kebatinan yang
hanya beranggotakan beberapa puluh orang saja. Kebanyakan dari gerakan seperti
itu berpusat di kota-kota dan pada umumnya bersifat rahasia, yaitu dengan
tujuan-tujuan yang bersifat mistik, moralis, atau etis dan dipimpin oleh
seorang guru. Untuk mencapai tujuannya, para anggota gerakan seperti itu banyak
melakukan praktek-praktek ilmu gaib, disamping studi dan bersamadi.
Banyak dari budaya semacam itu pada awalnya adalah suatu organisasi yang
mengajar seni bela diri pencak. Kecuali memberi latihan fisik, gurunya juga
melatih murid-muridnya untuk melakukan meditasi. Untuk menciptakan suasana
keramat, ada juga yang ditambah berbagai ritus ilmu gaib secara rahasia
yang dimaksudkan agar para muridnya, memperoleh kekebalan dan kesaktian
tertentu.
BAB III
KESIMPULAN
3.1
KESIMPULAN
Setelah mengetahui hakikat ajaran tasawuf di atas jelaslah
bahwa ajaran tasawuf, adalah bagian dari kekayaan khazanah Islam. Ia bukanlah
aliran sesat. Bahwa ada penyimpang oknum atau lembaga sufi itu tidak berarti
tasawuf secara keseluruhan jelek dan sesat. Kita jangan sekali-kali terjebak apada
generalisir masalah. Karena sejatinya, tokoh-tokoh sufi berpendapat ajaran
tasawuf harus bersendikan al-Qur'an dan Hadis. Diluar itu ditolak!
Tasawuf,
seperti dinyatakan Syeikh Yusuf al-Qaradhawi, adalah bagian tak terpisahkan
dari ajaran Islam. Karena misi tasawuf memperbaiki akhlak. Dan akhlak jelas
sekali bagian dari Islam. Karena Nabi Muhamad Saw diutus untuk menyempurnakan
akhlak.
DAFTAR PUSTAKA
Mulyati, Sri.2003 Mengenal dan Memahami Tarekat-Tarekat Muktabarah
di Indonesia. Jakarta:
Kencana.
Mahjuddin, 2009. Mukjizat Nabi
Karomah Wali dan Ma’rifah Sufi, Jakarta: KalamMulia.
Syamsuri badlowi.
1995. Kisah Wali Sanga, surabaya: Apolo
http://id.ibnu_burhan@hotmail.com
http://www.muslim.or.id
http://www.sambas.go.id/news/index.asp?id=63
http://www.sisyat86inspiriete.blogspot.com/search/label/Ilmu Tasawuf
http://www.tasawufislam.blogspot.com
http://www.sisyat86inspiriete.blogspot.com/search/label/Ilmu Tasawuf
http://www.tasawufislam.blogspot.com
ok coy
BalasHapus