Rabu, 03 Juli 2013

BUSINESS PLAN






BUSINESS PLAN
   AF Advertaising’
                                  (digital end printing)
                    tak menyalahi aturan syariat islam

Oleh :

Faisol huda
Argen galih p




____________________________TUGAS KEWIRAUSAHAAN 


 


BAB I
LATAR BELAKANG

Identifikasi Peluang Bisnis
Dewasa ini perkembangan dunia usaha sangatlah pesat, banyak unit usaha baru yang bermunculan, mulai dari unit usaha skala kecil hingga usaha yang berskala besar' Semakin pesatnya perkembangan dunia usaha tersebut maka semakin ketat pula persaingan yang terjadi' Dalam dunia bisnis kita mengenal adanya proses pemasaran, yakni proses yang dimaksudkan untu menarik para konsumen agar mau dan mampu menerima produk yang dihasilkan oleh unit usaha tersebut. Namun menarik perhatian konsumen tidaklah mudah bagi para pelaku usaha yang baru mulai merintis usahanya. Disinilah pentingnya peran “iklan" dalam proses pemasaran.
Selain dalam dunia bisnis iklan juga sangat dibutuhkan dalam penginformasian suatu hajat yang akan dilaksanakan oleh orang atau organisasi terntentu. Rasanya peran iklan sudah tidak bisa dilepaskan lagi dari kehidupan sehari-hari.Apapun kegiatanya pasti membutuhan iklan agarkegiatan tersebut dapat menarik simpati darikhalayak luas, oleh karena itu saya disini menangkap peluang bisnis ini yang saya kira sangat menjanjikan karena sangat pentingnya peran iklan itu sendiri dalam perkembangan moderenitas dewasa ini
Penjelasan Produk
Produk yang kami buat adalah produk yang tidak terlalu rumit namun memerlukan suatu skill khusus untukbisa membfatnya, yakni yang utama adalah skill dalam bidang desain, karena desain merupakan unsul utama dalam pembuatan produk "Advertaising" ini' Dalam proses desain yang kami buat hanyalah memerlukan seperangat teknologi semacam komputer ataupun laptop yang mana perangkat tersebut kita gunakan untuk membuat disain yang diinginkan oleh konsumen.
Kita menawaran bentuk desain yang diinginan kepada konsumen secara uhrh, artinya kita tidak hanya mendesain namun juga mencetak atau apapun yang diinginkan oleh konsumen yang tentunya berakitan dengan desain yang sedang konsumen pesan. Desain tersebut bisa dalam bentuk soft desain maupun hard desain yang artinya desain sudah tercetak dalam bentuk poster,spanduk, atau media lain yang diinginkan konsumen.
Latar Belakang Bisnis
Adapun kami mau melakukan bisnis ini adalah memang kami sangat suka dengan desain, yang kemudian membuat kami berfikir untuk memanfaatkan hoby ini menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Dan memang peluangnya masih sangat terbuka, bahkan semakin terbuka ataupun bisa dibilang akan terus eksis.
Tujuan
1 . Tujuan umum
a. Mendapatkan keuntungan dari bisnis ini
b. Memberikan kemudahan untuk masyarakat dalam ber "advertaising"
2. Tujuankhusus
Mengarahkan masyarakat untuk beradvertaising secara mendidik
Potensi bisnis
Adapun kami melakukan bisnis ini adalah karena memang sangat terbukanya peluang dalam bisnis ini, kita sangat menyadari bahwa kita tidak bisa lepas dari "advertaising" oleh karena itu kita bermaksud untuk ikut serta dalam persaingan bisnis advertaising tersebut. Banyaknya kebutuhan akan advertaising membuat kita yakin akan mampu meraup untung dari bisnis ini.






BAB II
ANALISIS SWOT
Faktor Internal
1. Strenght ( kekuatan )
a. Keunggulan Produk
produk yang kita punya adatah produk yang berbasis pada kepentingan dakwah, yakni dalam setiap produk yang kita hasilkan, kita menyisipkan suatu kata maupun gambar yang bertujuan untuk dakwah
b. KeteramPilan dan keahlian
Desain adalah hobby kami, maka kami yakin memiliki cukup skill untuk menghasilkan produk advertaising ini
2. Weaknes ( kelemahan )
perangkat pC yang kita gunakan kadang kala kurang mendukung dalam pembuatan dsain-dsain berbasis teknologi terbaru
Faktor Eksternal
1. Opportunities ( Peluang )
a. Banyakkonsumen
Banyak dari masyarakat yang sangat membutuhkan jasa advertaising dalam mempromosikan setiap produk ataupun acaramereka
b. Sistem Pemasaran
Kita berada dalam lingkungan pendidikan tengah kota yang mana kita memiliki pasar yang mumpuni dalam system pemasaran produk advertaizing ini
2. Treats ( Ancaman )
SudahbanYakPesaing



BABA III
PERENCANAAN BISNIS

Sasaran dan Target Pasar
Sasaran kami adalah seluruh aspek masyarakat yang pastinya memliki suatu acara ataupun produk yang memerlukan jasa advertaising untuk menarik minat para konsumenya, jika didasarkan pada kondisi lingkungan pasar yang ada saat ini yakni lingkungan kampus, mungkin pemasamn yang tepat dan terasa paling memungkinkan adalah membidik pasar mahasiswa yang sering kali memerlukan jasa advertaising untu mempromosikan kegiatanya. Bahkan lingkungan kampus merupakan lingkungan keilmuan yang sangat memerlukan jasa advertaising untu menarik simpati para pecandu-pecandu ilmu dilingkungan tersebut.
Untuk progam jangka panjang kami bermaksud untuk membuat rumah produksi yang kapanpun bisa dikunjungi oleh konsumen, mengingat pemasaran yang kamilakukan saat ini hanya dari mulut ke mulut. Selain itu kami juga bermaksud membuat rumah produksi tersebut bisa digunakan sebagai tempat berkumpulnya para anak muda pecinta desain yang pada akhirnya akan berdampak pada meluasnya target pemasaran kami.
Pembiayaan
a.       Biaya Tetap (Fixed cost) per tahun
Kami tidak banyak menggunakan alat tahunan karena proses pembuatan produk kamin bmenggunakan tenagamanusia. Di bawah ini sedikit alat yang kami gunakan:

No
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga Satuan
Jumlah Harga
1
PC
2bh
Rp.6.000.000
Rp. 12.000.000
2
DVD RW
lbh
Rp.400.000
Rp.400.000
3
Camera
1bh
Rp.7.000.000
Rp.7.000.000
4
Trimport
lbh
Rp.300.000
Rp.300.000
TOTAL



Rp. 19.700.000

\







b.      Biaya total
Biaya total = Fixed costb= Rpl9.700.000

c.       Modal Awal
Modal awal: Total Biaya Tetap : Rp19.700.000

d.      Analisis Titik Impas (Break Even Point)

e.       Analisis Keuntungan

f.       Pengembalian Modal





BAB IV
STUDYKELAYAKAN

a.      Lokasi
Pada awal memulai bisnis ini ita tida memerluan tempat secara real, karena disini ita mau menekankan pada penawaran desain advertaising yakni kita hanya mendapat pesanan dari bkonsumen dan kita langsung mengerjakan desain tersebut yang tentunya hanya bbermodalkomputer ataupun laptop. untuk desain dalam bentuk hard copy artinya desain bsudah dalam keadaan tercetakkita lebih memilih untuk mencetaknya melalui jasa percetakan yang ada' Dengan kata lain ita tidak memerluan lokasi untuk permulaan dalam membuka bisnis ini, melainkan hanya sebuah perangkat komputer ataupun laptop untuk pengerjaan desain yang diinginan oleh konsumen
b.      Sarana dan prasarana
computer ataupun laptop merupakan perangkat utama yang kami butuhkan, mengingat kami lebih menekankan bisnis ini dalam bentuk jasa advertaising, adapun keinginan konsumen yang memesan desain dalam bentuk "hard desain,, kami bekerja sema dengan perusahaan sablon.

c.       Sumber Daya Manusia
Mengingat kami baru memulai bisnis ini maka semua proses produksi sampai penjualan bkami lakukan sendiri, disamping bisnis ini yang memang barumemulai, memang dalam kenyataanya kita tidak perlu memerlukan banya sdm arena hal terpenting dalam bisnis ini adalah kemampuan untuk membuat desain. Dan kami berdua sudah cukup untu membuat desain pesanan para konsumen.





BAB TV
PENUTUP
Kesimpulan
Advertaising merupakan jasa sekaligus produk yang kami kira sangatlah menjanjikan mengira banyaknya permintaan akan jasa pembuatan ilkan. Disini kami lebih menargetkan pada harga yang sesuai dengan kantong-kantong mahasiswa. Untuk pemasaran kita masih melakukan dengan cara dari mulut ke mulut, jasa sekaligus produk ini masih kita mulai dari proses pemesanan konsumen. Dengan harga yang sesuai dengan kantong mahasiswa kita berharap untuk mampu berharap labih dari yang kita harapkan sebelumnya, ukuran dan kesulitan desain menentukan harga yang akankami tawarkan ke konsumen.
Saran
Jasa yang kami buat merupakan keahlian dari bagaimana kami mampu membaca keinginan konsuen' yang mana usaha kami dalam membuat desain tidak ada artinya jika desain yang kami hasilkan tidak sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen. untu itu kami sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak, saran dan kriti anda adalah motivasi bagi kami untu bekerja lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

http://www.facebook.com/theicol