BUSINESS PLAN
‘ AF
Advertaising’
(digital end printing)
“tak menyalahi aturan
syariat islam”
Oleh
:
Faisol
huda
Argen galih p
____________________________TUGAS KEWIRAUSAHAAN
BAB
I
LATAR
BELAKANG
Identifikasi Peluang Bisnis
Dewasa
ini perkembangan dunia usaha sangatlah pesat, banyak unit usaha baru yang bermunculan,
mulai dari unit usaha skala kecil hingga usaha yang berskala besar' Semakin pesatnya
perkembangan dunia usaha tersebut maka semakin ketat pula persaingan yang
terjadi' Dalam dunia bisnis kita mengenal adanya proses pemasaran, yakni proses
yang dimaksudkan untu menarik para konsumen agar mau dan mampu menerima produk
yang dihasilkan oleh unit usaha tersebut. Namun menarik perhatian konsumen
tidaklah mudah bagi para pelaku usaha yang baru mulai merintis usahanya.
Disinilah pentingnya peran “iklan" dalam proses pemasaran.
Selain
dalam dunia bisnis iklan juga sangat dibutuhkan dalam penginformasian suatu hajat
yang akan dilaksanakan oleh orang atau organisasi terntentu. Rasanya peran
iklan sudah tidak bisa dilepaskan lagi dari kehidupan sehari-hari.Apapun
kegiatanya pasti membutuhan iklan agarkegiatan tersebut dapat menarik simpati
darikhalayak luas, oleh karena itu saya disini menangkap peluang bisnis ini
yang saya kira sangat menjanjikan karena sangat pentingnya peran iklan itu
sendiri dalam perkembangan moderenitas dewasa ini
Penjelasan Produk
Produk
yang kami buat adalah produk yang tidak terlalu rumit namun memerlukan suatu skill
khusus untukbisa membfatnya, yakni yang utama adalah skill dalam bidang desain,
karena desain merupakan unsul utama dalam pembuatan produk
"Advertaising" ini' Dalam proses desain yang kami buat hanyalah
memerlukan seperangat teknologi semacam komputer ataupun laptop yang mana
perangkat tersebut kita gunakan untuk membuat disain yang diinginkan oleh konsumen.
Kita
menawaran bentuk desain yang diinginan kepada konsumen secara uhrh, artinya
kita tidak hanya mendesain namun juga mencetak atau apapun yang diinginkan oleh
konsumen yang tentunya berakitan dengan desain yang sedang konsumen pesan.
Desain tersebut bisa dalam bentuk soft desain maupun hard desain yang artinya
desain sudah tercetak dalam bentuk poster,spanduk, atau media lain yang diinginkan
konsumen.
Latar Belakang Bisnis
Adapun
kami mau melakukan bisnis ini adalah memang kami sangat suka dengan desain, yang
kemudian membuat kami berfikir untuk memanfaatkan hoby ini menjadi sebuah
bisnis yang menjanjikan. Dan memang peluangnya masih sangat terbuka, bahkan
semakin terbuka ataupun bisa dibilang akan terus eksis.
Tujuan
1
. Tujuan umum
a.
Mendapatkan keuntungan dari bisnis ini
b.
Memberikan kemudahan untuk masyarakat dalam ber "advertaising"
2.
Tujuankhusus
Mengarahkan
masyarakat untuk beradvertaising secara mendidik
Potensi
bisnis
Adapun
kami melakukan bisnis ini adalah karena memang sangat terbukanya peluang dalam
bisnis ini, kita sangat menyadari bahwa kita tidak bisa lepas dari
"advertaising" oleh karena itu kita bermaksud untuk ikut serta dalam
persaingan bisnis advertaising tersebut. Banyaknya kebutuhan akan advertaising
membuat kita yakin akan mampu meraup untung dari bisnis ini.
BAB
II
ANALISIS
SWOT
Faktor Internal
1.
Strenght ( kekuatan )
a. Keunggulan Produk
produk yang kita punya adatah produk yang berbasis
pada kepentingan dakwah, yakni dalam setiap produk yang kita hasilkan, kita
menyisipkan suatu kata maupun gambar yang bertujuan untuk dakwah
b. KeteramPilan dan keahlian
Desain adalah hobby kami, maka kami yakin memiliki
cukup skill untuk menghasilkan produk advertaising ini
2.
Weaknes ( kelemahan )
perangkat pC yang kita gunakan kadang kala kurang
mendukung dalam pembuatan dsain-dsain berbasis teknologi terbaru
Faktor
Eksternal
1.
Opportunities ( Peluang )
a.
Banyakkonsumen
Banyak dari masyarakat yang sangat membutuhkan jasa
advertaising dalam mempromosikan setiap produk ataupun acaramereka
b.
Sistem Pemasaran
Kita berada dalam lingkungan pendidikan tengah kota
yang mana kita memiliki pasar yang mumpuni dalam system pemasaran produk
advertaizing ini
2.
Treats ( Ancaman )
SudahbanYakPesaing
BABA
III
PERENCANAAN
BISNIS
Sasaran dan Target Pasar
Sasaran
kami adalah seluruh aspek masyarakat yang pastinya memliki suatu acara ataupun
produk yang memerlukan jasa advertaising untuk menarik minat para konsumenya,
jika didasarkan pada kondisi lingkungan pasar yang ada saat ini yakni
lingkungan kampus, mungkin pemasamn yang tepat dan terasa paling memungkinkan
adalah membidik pasar mahasiswa yang sering kali memerlukan jasa advertaising
untu mempromosikan kegiatanya. Bahkan lingkungan kampus merupakan lingkungan
keilmuan yang sangat memerlukan jasa advertaising untu menarik simpati para
pecandu-pecandu ilmu dilingkungan tersebut.
Untuk
progam jangka panjang kami bermaksud untuk membuat rumah produksi yang kapanpun
bisa dikunjungi oleh konsumen, mengingat pemasaran yang kamilakukan saat ini hanya
dari mulut ke mulut. Selain itu kami juga bermaksud membuat rumah produksi
tersebut bisa digunakan sebagai tempat berkumpulnya para anak muda pecinta
desain yang pada akhirnya akan berdampak pada meluasnya target pemasaran kami.
Pembiayaan
a. Biaya
Tetap (Fixed cost) per tahun
Kami
tidak banyak menggunakan alat tahunan karena proses pembuatan produk kamin bmenggunakan
tenagamanusia. Di bawah ini sedikit alat yang kami gunakan:
No
|
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga Satuan
|
Jumlah Harga
|
1
|
PC
|
2bh
|
Rp.6.000.000
|
Rp.
12.000.000
|
2
|
DVD
RW
|
lbh
|
Rp.400.000
|
Rp.400.000
|
3
|
Camera
|
1bh
|
Rp.7.000.000
|
Rp.7.000.000
|
4
|
Trimport
|
lbh
|
Rp.300.000
|
Rp.300.000
|
TOTAL
|
|
|
|
Rp.
19.700.000
|
\
b. Biaya
total
Biaya total = Fixed
costb= Rpl9.700.000
c. Modal
Awal
Modal awal: Total Biaya
Tetap : Rp19.700.000
d. Analisis
Titik Impas (Break Even Point)
e. Analisis
Keuntungan
f. Pengembalian
Modal
BAB
IV
STUDYKELAYAKAN
a. Lokasi
Pada
awal memulai bisnis ini ita tida memerluan tempat secara real, karena disini
ita mau menekankan pada penawaran desain advertaising yakni kita hanya mendapat
pesanan dari bkonsumen dan kita langsung mengerjakan desain tersebut yang
tentunya hanya bbermodalkomputer ataupun laptop. untuk desain dalam bentuk hard
copy artinya desain bsudah dalam keadaan tercetakkita lebih memilih untuk
mencetaknya melalui jasa percetakan yang ada' Dengan kata lain ita tidak
memerluan lokasi untuk permulaan dalam membuka bisnis ini, melainkan hanya
sebuah perangkat komputer ataupun laptop untuk pengerjaan desain yang diinginan
oleh konsumen
b. Sarana
dan prasarana
computer
ataupun laptop merupakan perangkat utama yang kami butuhkan, mengingat kami lebih
menekankan bisnis ini dalam bentuk jasa advertaising, adapun keinginan konsumen
yang memesan desain dalam bentuk "hard desain,, kami bekerja sema dengan perusahaan
sablon.
c. Sumber
Daya Manusia
Mengingat
kami baru memulai bisnis ini maka semua proses produksi sampai penjualan bkami
lakukan sendiri, disamping bisnis ini yang memang barumemulai, memang dalam kenyataanya
kita tidak perlu memerlukan banya sdm arena hal terpenting dalam bisnis ini adalah
kemampuan untuk membuat desain. Dan kami berdua sudah cukup untu membuat desain
pesanan para konsumen.
BAB
TV
PENUTUP
Kesimpulan
Advertaising merupakan jasa
sekaligus produk yang kami kira sangatlah menjanjikan mengira banyaknya
permintaan akan jasa pembuatan ilkan. Disini kami lebih menargetkan pada harga
yang sesuai dengan kantong-kantong mahasiswa. Untuk pemasaran kita masih
melakukan dengan cara dari mulut ke mulut, jasa sekaligus produk ini masih kita
mulai dari proses pemesanan konsumen. Dengan harga yang sesuai dengan kantong
mahasiswa kita berharap untuk mampu berharap labih dari yang kita harapkan
sebelumnya, ukuran dan kesulitan desain menentukan harga yang akankami tawarkan
ke konsumen.
Saran
Jasa yang kami buat merupakan
keahlian dari bagaimana kami mampu membaca keinginan konsuen' yang mana usaha
kami dalam membuat desain tidak ada artinya jika desain yang kami hasilkan
tidak sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen. untu itu kami sangat
membutuhkan dukungan dari semua pihak, saran dan kriti anda adalah motivasi
bagi kami untu bekerja lebih baik lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
http://www.facebook.com/theicol